Langsung ke konten utama

Perbedaan Kista Dan Tumor Serta Cara Mengatasinya

Perbedaan Kista Dan Tumor
Serta Cara Mengatasinya


Tumor serta kista ialah dua type perkembangan. Mereka bisa sama dalam tampilan tapi mempunyai pemicu berlainan. Untuk memastikan apa seorang mempunyai tumor atau kista, dokter bisa memakai tehnik pencitraan atau lakukan biopsi.

Pada artikel ini, tekuni mengenai ketidaksamaan pada kista serta tumor. Kami menelusuri type yang sangat umum serta memvisualisasikan keadaan yang mengakibatkannya.

Kista versus tumor 

Kista ialah kantung jaringan yang berisi zat lainnya, seperti hawa atau cairan. Tumor ialah massa jaringan yang padat.

Kista bisa tercipta dimana-mana di badan, termasuk juga di tulang serta jaringan lunak.

Umumnya kista berbentuk non-kanker, walau ada banyak pengecualian. Kista dapat berasa lembut waktu disentuh, serta seorang mungkin dapat menggerakkannya dengan gampang.

Tumor dapat juga tumbuh hampir dimana-mana di badan. Mereka condong tumbuh secara cepat serta umumnya keras waktu disentuh.

Bisa saja untuk mempunyai kista serta tumor pada organ yang sama.

Keadaan yang mengakibatkan kista
Sebagian dari banyak type kista termasuk juga:

  • Kista payudara: Ini ialah kantung berisi cairan yang bisa dengan gampang dipindahkan oleh seorang dibawah kulit. Seorang dengan beberapa kista ini mempunyai keadaan yang dimaksud payudara fibrokistik. 
  • Kista epidermoid: Kista ini berkembang di susunan atas kulit, dimaksud epidermis. Mereka bisa tercipta di leher, dada, punggung atas, serta skrotum. 
  • Kista hati: Kista hati tumbuh di hati. 
  • Kista pilar: Ini tercipta dalam sel dibagian bawah folikel rambut. Cairan kental di kista sering memiliki kandungan keratin, zat keras yang di produksi beberapa sel kulit. Kista pilar umumnya berkembang di kulit kepala. 
  • Kista ginjal: Ini tumbuh di ginjal. 
  • Kista ovarium: Ini tercipta pada ovarium, umumnya seputar waktu ovulasi . Mereka tidak beresiko serta seringkali tidak memunculkan tanda-tanda. Terkadang mengakibatkan ngilu panggul, sakit punggung , serta kembung. 
  • Terdapat beberapa type kista lainnya yang kurang umum. 

Keadaan yang mengakibatkan tumor 

Tumor dapat jinak (tidak kanker) atau ganas (kanker). Tumor jinak umumnya tumbuh di satu tempat serta tidak menebar.

Tumor ganas berkembang di satu ruang badan, lalu menebar ke yang lainnya. Tumor jinak serta ganas beragam dalam ukuran.

Beberapa macam tumor termasuk juga:

  • Adenoma: Ini terbuat dari jaringan epitel kelenjar, yang menutupi organ serta kelenjar. Contoh tumor ini termasuk juga polip usus besar, adenoma aliran empedu, serta adenoma hepatik. Mereka dapat jadi kanker tapi umumnya jinak. 
  • Fibroid: Tumor jinak ini tumbuh di jaringan ikat atau memiliki serat. Mereka seringkali berkembang di, di, atau di seputar rahim. 
  • Lipoma: Tumor sel lemak ini seringkali tercipta pada seorang diatas 40. Mereka umumnya lunak serta terdapat pas dibawah kulit. Mereka hampir tetap jinak. 
  • Tumor ganas: Tumor ini bisa berkembang dibagian badan manakah saja. Sarkoma , contohnya, berkembang dari jaringan ikat seperti sumsum tulang . Karsinoma, type tumor ganas yang umum yang lain, tumbuh dari sel epitel di usus besar, hati, atau prostat. 

Tumor bisa tumbuh besar sekali hingga mereka menggerakkan ke organ, mengakibatkan perasaan sakit serta tanda-tanda yang lain. Dokter bedah umumnya akan mengusung tumor besar.

Semua tumor kanker umumnya diangkat terkecuali mereka mustahil untuk sampai atau terdapat begitu dekat dengan organ penting hingga operasi pengangkatan bisa mengakibatkan rusaknya.

Diagnosis 

Seseorang dokter bisa memakai beberapa cara diagnostik untuk memperbedakan pada tumor serta kista. Mereka akan mulai dengan ambil kisah medis, lalu menanyakan kapan gejalanya diawali serta kapan mereka sangat menonjol.

Penyusunan waktu tanda-tanda terpenting. Menjadi contoh, kista bisa jadi lebih tampak di seputar menstruasi, sebab fluktuasi hormon.

Seseorang dokter akan mengecek kista atau tumor, bila sangat mungkin. Mereka akan memperhitungkan tempat, warna, bagaimana rasa-rasanya, serta adakah bahan yang terkuras darinya.

Seseorang dokter bisa memakai USG untuk mengecek kista atau tumor yang terdapat jauh di pada tubuh. Pencitraan ultrasonografi sering bisa tunjukkan apa tonjolan berlubang, berisi cairan, atau himpunan sel.

Dalam beberapa masalah, dokter bisa minta biopsi, yang menyertakan menghilangkan tonjolan atau sel dari itu. Biopsi akan di kirim ke laboratorium untuk pengujian.

Kapan mesti ke dokter
Walau tidak semua kista serta tumor memerlukan perawatan, seorang mesti melakukan kontrol tonjolan bila nampaknya tumbuh secara cepat.

Tanda-tanda punya potensi beresiko yang lain termasuk juga:

  • pendarahan dari daerah 
  • perasaan sakit atau kelembutan 
  • pergerakan terhalang 
  • ketakmampuan untuk beraktivitas keseharian sebab tumor atau kista 

Pandangan

Tumor serta kista bisa jadi pemicu kecemasan, walau beberapa tidak beresiko. Kista seringkali berisi hawa atau mungkin dengan type sel lainnya, membuat cairan. Tumor ialah massa satu type sel.

Siapa juga yang mempunyai tonjolan atau perkembangan mesti berkunjung ke dokter. Mereka bisa lakukan tes, menganalisis tonjolan, serta memastikan apa seorang memerlukan perawatan.

Sort by : joernalpenyakit.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Syok Anafilaksis - Gejala, penyebab dan cara mengobati

Penyakit Syok Anafilaksis - Gejala, penyebab dan cara mengobati Anafilaksis (anafilaksis) ialah reaksi alergi kronis kronis saat badan terima insentif spesifik, seperti makanan atau obat spesifik, gigitan serangga atau zat lainnya sebab skema kebal badan seorang peka pada insentif. Kata lebih dari orang normal Memengaruhi kerja beberapa skema di pada tubuh saat bertepatan Bila tidak selekasnya diobati, itu bisa mengakibatkan syok serta kematian. Tanda-tanda Anafilaksis  Anafilaksis ialah reaksi alergi yang sangat kronis serta meneror jiwa. Tanda-tanda bisa berlangsung seperti berikut. Ruam kulit, gatal-gatal, gatal, kulit kemerahan atau pucat  Pusing Pusing seperti tidak sadarkan diri  Mual, muntah, sakit perut atau diare  Turunkan desakan darah  Lidah, mulut, atau tenggorokan abuh, mati lemas, serta mungkin mempunyai bunyi mengi yang keras.  Berasa seperti ada sumbatan di tenggorokan, kesusahan menelan  Angina  Denyut nadi lembut, detak jantung yang cepat  Batuk,

Kenali Gejala Asam Urat Dan Obatnya

Anda sempat rasakan beberapa tanda-tanda asam urat? Asam urat memang jadi salah satunya penyakit yang sangat banyak berlangsung pada seorang lansia. Walau saat ini beberapa orang dewasa yang masuk ke umur pertengahan juga dapat mengalami gejala-gejala asam urat. Gejala Asam Urat Dan Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Asam urat ialah satu keadaan penyakit saat berlangsung penimbunan asam urat di pada tubuh. Asam urat yang sangat banyak pada tubuh seringkali mengakibatkan gejala-gejala tidak nyaman terpenting pada sisi kaki atau jempol kaki. Tanda-tanda asam urat semenjak awal memang seharusnya memperoleh perhatian. Asam urat yang tidak dirawat dengan baik dapat mengakibatkan asam urat kronis. Untuk tahu apa Anda terserang asam urat ataukah tidak, di bawah ini ialah beberapa ciri asam urat yang butuh Anda kenali. Ngilu Sendi Kaki  Tanda-tanda awal yang seringkali berlangsung ialah perasaan tidak nyaman di bagian sendi. Sebagian orang tua seringkali merintih mengenai sendi yang