Langsung ke konten utama

Stadium Kanker Kelenjar Getah Bening Dan Metode Pendiagnosaannya

Stadium Kanker Kelenjar Getah Bening Dan Metode Pendiagnosaannya - Pada saat seseorang didiagnosisi menderita kanker kelenjar getah bening, maka dokterpun akan memberitahu tingkat keparahan kanker kelenjar getah bening yang terjadi. Biasanya dokter akan memberitahui kanker kelenjar bening yang terjadi sudah memasuki stadium berapa. Bilamana dokter tidak memberitahu penderita, maka dokter biasanya akan memberi keluarga penderita.


Stadium adalah suatu cara guna mengetahui kondisi tingkat keparahan kanker yang terjadi. Dimana stadium ini diukur berdasarkan tingkat penyebaran sel kanker yang terjadi.

Mengenal Kondisi Kanker Kelenjar Getah Bening, Tahapan Penyebaran (Stadium) Dan Metode Untuk Mendiagnosanya


Kanker kelenjar getah bening atau yang dalam istilah medis disebut dengan limfoma adalah suatu jenis kanker yang muncul pada sel limfosit. Sel limfosit sendiri adalah suatu jenis sel darah putih yang terdapat pada sistem kekebalan tubuh.

Penyakit limfoma ini akan mempengaruhi kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang dan bagian lainnya yang termasuk dari sistem limfatik. Dimana sel tersebut seharusnya memerangi penyakit dalam tubuh, malah sebaliknya.

Kanker limfoma ini sendiri sebenarnya terdapat beberapa jenis, namun yang paling umum terjadi adalah limfoma hodgkin dan limfoma non-hodgkin. Perbedaan stadium yang terjadi biasanya dibedakan dari jenisnya.

Namun untuk memahami stadium kanker ini, Anda harus mengetahui gejala kanker kelenjar getah bening dan tes yang mungkin dilakukan untuk mendiagnosanya.

Metode Diagnosa Kanker Kelenjar Getah Bening Yang Biasa Dokter Lakukan

Berikut ini adalah beberapa pemeriksaan yang umum di lakukan para dokter dalam memeriksa dan meresmikan / mendiagnosa kanker kelenjar getah bening sudah seberapa parah.


  • Riwayat kesehatan keluarga terkait keturunan kanker
  • Pemeriksaan fisik ; Biasanya dokter akan memeriksa kelenjar getah bening yang ada di leher dan ketiak, apakah kelenjar getah bening tersebut mengalami pembengkakan atau tidak
  • Biopsi ; Biasanya dokter akan mengambil sempel sebagian atau keseluruhan kelenjar getah bening yang sudah terinfeksi melalui jarum suntik. Dan bilamana sempel sudah di dapat, maka akan langsung di bawa kebagian laboratorium untuk diteliti lebih lanjut.
  • Test pencitraan tubuh ; Misalnya seperti metode X-ray, CT scan, MRI scan, dan PET scan
  • Tes darah dan urine ; tes ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dengan test ini dapat mengetahui kadar sel darah purih atau sel darah merah atau keping darah, sekaligus guna memastikan apakah ginjal dan hari bekerja dengan baik atau tidak
  • Pungsi lumbal ; prosedur pengambilan sampel cairan sistem syaraf guna melihat adanya penyebaran sel kanker di sumsum tulang belakang. Prosedur yang satu ini sendiri biasanya di lakukan untuk pemeriksaan limfoma non-Hodgkin.

Tahapan Stadium Kanker Kelenjar Getah Bening / Limfoma


Untuk mengetahui stadium kanker yang terjadi, biasanya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan. Adapun stadium kanker limfoma ini sendiri terbagi kedalam 4 kategori. Semakin besar angkanya, itu menunjukan tingkat penyebaran sel kanker yang sudah semakin jauh (menyebar kebagian tubuh lainnya). {obat lipoma di apotik}

Stadium I : tingkatan ini menunjukan kalau sel kanker hanya ditemukan disatu daerah kelenjar getah bening atau organ limfoid seperti timus (I). Atau kanker hanya di temukan di satu daerah luar organ kelenjar getah bening (IE)

Ket : Untuk stadium I dan II, jika sel kanker yang terjadi sudah mempengaruhi organ luar dekat kelenjar getah bening, maka akan ditambah huruf E dibelakangnya (misalnya IE)

Stadium II : tingkatan ini menunjukan kalau sel kanker mulai menyebar, dimana kanker menyerang 2 atau lebih kelompok kelenjar getah bening. Hal ini bisa terjadi pada bagian atas atau bawah diafragma. Misalnya pada nodus di area ketiak dan leher TAPI bukan kombinasi nodus di ketiak dan pangkal paha (II).

Kanker yang terjadi berada dalam kelompok kelenjar getah bening dan di satu area terdekat (IIE). Dimana hal ini juga dapat mempengaruhi kelompok kelenjar getah bening lainnya disisi yang sama dengan diafragma.

Stadium III : sel kanker telah menyerang jaringan disekitarnya atau organ lainnya, misalnya seperti limfa. Pada kondisi ini, kanker juga telah menyebar dari lokasi kemunculan pertama kemudian ke kumpulan kelenjar di atas dan bawah dari diafragma.

Stadium IV : tingkatan ini menunjukan tingkatan terakhir kanker, dimana kanker telah menyebar kepaling sedikit satu organ di luar sistem kelenjar getah bening. Misalnya seperti menyebar ke bagian paru-paru, tulang, hati, limfa, kulit dan tulang sumsum.

Baca juga : Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening Limfoma

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Syok Anafilaksis - Gejala, penyebab dan cara mengobati

Penyakit Syok Anafilaksis - Gejala, penyebab dan cara mengobati Anafilaksis (anafilaksis) ialah reaksi alergi kronis kronis saat badan terima insentif spesifik, seperti makanan atau obat spesifik, gigitan serangga atau zat lainnya sebab skema kebal badan seorang peka pada insentif. Kata lebih dari orang normal Memengaruhi kerja beberapa skema di pada tubuh saat bertepatan Bila tidak selekasnya diobati, itu bisa mengakibatkan syok serta kematian. Tanda-tanda Anafilaksis  Anafilaksis ialah reaksi alergi yang sangat kronis serta meneror jiwa. Tanda-tanda bisa berlangsung seperti berikut. Ruam kulit, gatal-gatal, gatal, kulit kemerahan atau pucat  Pusing Pusing seperti tidak sadarkan diri  Mual, muntah, sakit perut atau diare  Turunkan desakan darah  Lidah, mulut, atau tenggorokan abuh, mati lemas, serta mungkin mempunyai bunyi mengi yang keras.  Berasa seperti ada sumbatan di tenggorokan, kesusahan menelan  Angina  Denyut nadi lembut, detak jantung yang cepat  Batuk,

Kenali Gejala Asam Urat Dan Obatnya

Anda sempat rasakan beberapa tanda-tanda asam urat? Asam urat memang jadi salah satunya penyakit yang sangat banyak berlangsung pada seorang lansia. Walau saat ini beberapa orang dewasa yang masuk ke umur pertengahan juga dapat mengalami gejala-gejala asam urat. Gejala Asam Urat Dan Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Asam urat ialah satu keadaan penyakit saat berlangsung penimbunan asam urat di pada tubuh. Asam urat yang sangat banyak pada tubuh seringkali mengakibatkan gejala-gejala tidak nyaman terpenting pada sisi kaki atau jempol kaki. Tanda-tanda asam urat semenjak awal memang seharusnya memperoleh perhatian. Asam urat yang tidak dirawat dengan baik dapat mengakibatkan asam urat kronis. Untuk tahu apa Anda terserang asam urat ataukah tidak, di bawah ini ialah beberapa ciri asam urat yang butuh Anda kenali. Ngilu Sendi Kaki  Tanda-tanda awal yang seringkali berlangsung ialah perasaan tidak nyaman di bagian sendi. Sebagian orang tua seringkali merintih mengenai sendi yang

Perbedaan Kista Dan Tumor Serta Cara Mengatasinya

Perbedaan Kista Dan Tumor Serta Cara Mengatasinya Tumor serta kista ialah dua type perkembangan. Mereka bisa sama dalam tampilan tapi mempunyai pemicu berlainan. Untuk memastikan apa seorang mempunyai tumor atau kista, dokter bisa memakai tehnik pencitraan atau lakukan biopsi. Pada artikel ini, tekuni mengenai ketidaksamaan pada kista serta tumor. Kami menelusuri type yang sangat umum serta memvisualisasikan keadaan yang mengakibatkannya. Kista versus tumor  Kista ialah kantung jaringan yang berisi zat lainnya, seperti hawa atau cairan. Tumor ialah massa jaringan yang padat. Kista bisa tercipta dimana-mana di badan, termasuk juga di tulang serta jaringan lunak. Umumnya kista berbentuk non-kanker, walau ada banyak pengecualian. Kista dapat berasa lembut waktu disentuh, serta seorang mungkin dapat menggerakkannya dengan gampang. Tumor dapat juga tumbuh hampir dimana-mana di badan. Mereka condong tumbuh secara cepat serta umumnya keras waktu disentuh. Bisa saja untuk