Langsung ke konten utama

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam


Sinusitis merupakan suatu jenis penyakit yang terjadi akibat peradangan atau pembengkakan jaringan yang melapisi sinus. Rongga sinus pada orang sehat berisikan udara saja, akan tetapi pada kasus penyakit sinusitis ini rongga tersebut di penuhi dengan cairan. Dimana cairan ini merupakan hasil dari inflasi virus ataupun bakteri yang menimbulkan infeksi pada organ sinus.

Bilamana dilihat secara visual, penderita sinusitis ini tidaklah terlihat seperti orang yang terkena penyakit kelas menengah ataupun parah. Gejala yang ditimbulkannya sendiri sama seperti flu atau pilek biasa saja.

Namun pilek yang terjadi pada penderita sinusitis ini biasanya berlangsung lebih lama. Bilamana flu / pilek biasa hanya terjadi 1-2 minggu saja, sinusitis ini biasanya paling cepat akan terjadi hingga 4 minggu lamanya.

Penyakit sinusitis yang sudah cukup parah sendiri bahkan tak jarang sampai terjadi berbulan-bulan lamanya. Entah itu berupa kambuhan atau bahkan menetap terus alami pilek.

Sinusitis Yang Terlalu Lama Dapat Memicu Terjadinya Komplikasi Berbahaya


Inilah perbedaan utama dari sinusitis dan flu biasa. Meskipun gejalanya hampir serupa, tetapi kerusakan atau dampak buruk yang terjadi sangat berbeda.

Para ahli medis mengatakan, penyakit sinusitis ini sendiri dapat memicu berbagai komplikasi berbahaya. Dimana bilamana komplikasi yang terjadi sendiri sudah masuk tingkat kronis, maka dapat sampai mengancam nyawa penderitanya.

Kejang-kejang dan penurunan fungsi penglihatan dan pendengaran hanyalah dampak awal yang kerap kali dirasakan para penderita. Adapun bilamana kondisi sinus ini terus dibiarkan dan semakin bertambah parah, maka hal tersebut dapat memicu terjadinya komplikasi berbahaya. Dari mulai polip hidung, telinga berair, sampai peradangan pada selaput otak (meningitis).

Dari ketiga komplikasi tersebut, polip hidung adalah yang paling sering terjadi. Polip hidung sendiri adalah suatu keadaan dimana tumbuhnya jaringan lunak yang aneh pada bagian hidung atau organ sinus.

Jaringan ini sendiri memang tidak bersifat tumor atau bahkan kanker. Namun jaringan ini dapat membuat penderitanya alami kesulitan bernapas. Dan bilamana polip sudah berukuran terlalu besar, maka dapat membuat penderitanya kehilangan nyawa karena tidak bisa bernapas.

Baca juga : Gejala Asam Urat Dan Cara Mudah Mengobatinya

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam


Dewasa ini ada banyak cara yang tersebar guna mengobati penyakit sinusitis ini. Dari mulai obat-obatan alami, obat sinusitis di apotik, sampai ke metode pengobatan sinusitis dengan jalan tindakan medis seperti operasi.

Adapun salah satu cara alami yang bisa di lakukan guna membantu penyembuhan penyakit sinusitis ini adalah dengan menggunakan air garam. Air garam di pilih karena kandungannya yang mirip dengan sel tubuh manusia, dan merupakan anti-bakterial.

Dalam mengobati sinusitis dengan air garam sendiri, sebaiknya yang di gunakan adalah garam murni tanpa campuran yodium. Adapun cara mengobati sinusitis dengan air garam sendiri dapat di lakukan dengan 2 cara.

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam Menggunakan Bantuan Netipot


Adapun cara mengobati sinusitis dengan air garam yang pertama adalah dengan bantuan pot neti. Pot neti/netipot untuk hidung merupakan ceret atau teko kecil khusus untuk memasukan air ke rongga hidung.

Cukup masukan air hangat kedalam neti, kemudian campurkan 1/4 sendok garam. Setelah di aduk rata, masukan langsung air hangat tersebut kedalam rongga hidung kiri hingga keluar dari rongga hidung kanan. Dan lakukan hal yang sama pada rongga hidung kanan.

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam Menggunakan Teknik Uap


Cara mengobati sinusitis dengan garam yang kedua adalah dengan menggunakan teknik uap. Yang perlu di lakukan hanyalah siapkan air panas pada wadah kecil, kemudian campurkan garam. Dekatkan wadah dan fokuskan agar uap tersebut dapat di hirup oleh hidung Anda.

Cara mengobati sinusitis dengan air garam adalah cara untuk membantu meringankan gejala yang terjadi. Adapun untuk mengobati sinusitis secara tuntas sendiri, disarankan untuk menggunakan obat-obatan misalnya seperti obat sinusitis yang di jual di apotik, dsb.

Baca juga : Cara Mengobati Jantung Yang Bengkak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Syok Anafilaksis - Gejala, penyebab dan cara mengobati

Penyakit Syok Anafilaksis - Gejala, penyebab dan cara mengobati Anafilaksis (anafilaksis) ialah reaksi alergi kronis kronis saat badan terima insentif spesifik, seperti makanan atau obat spesifik, gigitan serangga atau zat lainnya sebab skema kebal badan seorang peka pada insentif. Kata lebih dari orang normal Memengaruhi kerja beberapa skema di pada tubuh saat bertepatan Bila tidak selekasnya diobati, itu bisa mengakibatkan syok serta kematian. Tanda-tanda Anafilaksis  Anafilaksis ialah reaksi alergi yang sangat kronis serta meneror jiwa. Tanda-tanda bisa berlangsung seperti berikut. Ruam kulit, gatal-gatal, gatal, kulit kemerahan atau pucat  Pusing Pusing seperti tidak sadarkan diri  Mual, muntah, sakit perut atau diare  Turunkan desakan darah  Lidah, mulut, atau tenggorokan abuh, mati lemas, serta mungkin mempunyai bunyi mengi yang keras.  Berasa seperti ada sumbatan di tenggorokan, kesusahan menelan  Angina  Denyut nadi lembut, detak jantung yang cepat  Batuk,

Perbedaan Kista Dan Tumor Serta Cara Mengatasinya

Perbedaan Kista Dan Tumor Serta Cara Mengatasinya Tumor serta kista ialah dua type perkembangan. Mereka bisa sama dalam tampilan tapi mempunyai pemicu berlainan. Untuk memastikan apa seorang mempunyai tumor atau kista, dokter bisa memakai tehnik pencitraan atau lakukan biopsi. Pada artikel ini, tekuni mengenai ketidaksamaan pada kista serta tumor. Kami menelusuri type yang sangat umum serta memvisualisasikan keadaan yang mengakibatkannya. Kista versus tumor  Kista ialah kantung jaringan yang berisi zat lainnya, seperti hawa atau cairan. Tumor ialah massa jaringan yang padat. Kista bisa tercipta dimana-mana di badan, termasuk juga di tulang serta jaringan lunak. Umumnya kista berbentuk non-kanker, walau ada banyak pengecualian. Kista dapat berasa lembut waktu disentuh, serta seorang mungkin dapat menggerakkannya dengan gampang. Tumor dapat juga tumbuh hampir dimana-mana di badan. Mereka condong tumbuh secara cepat serta umumnya keras waktu disentuh. Bisa saja untuk

Kenali Gejala Asam Urat Dan Obatnya

Anda sempat rasakan beberapa tanda-tanda asam urat? Asam urat memang jadi salah satunya penyakit yang sangat banyak berlangsung pada seorang lansia. Walau saat ini beberapa orang dewasa yang masuk ke umur pertengahan juga dapat mengalami gejala-gejala asam urat. Gejala Asam Urat Dan Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Asam urat ialah satu keadaan penyakit saat berlangsung penimbunan asam urat di pada tubuh. Asam urat yang sangat banyak pada tubuh seringkali mengakibatkan gejala-gejala tidak nyaman terpenting pada sisi kaki atau jempol kaki. Tanda-tanda asam urat semenjak awal memang seharusnya memperoleh perhatian. Asam urat yang tidak dirawat dengan baik dapat mengakibatkan asam urat kronis. Untuk tahu apa Anda terserang asam urat ataukah tidak, di bawah ini ialah beberapa ciri asam urat yang butuh Anda kenali. Ngilu Sendi Kaki  Tanda-tanda awal yang seringkali berlangsung ialah perasaan tidak nyaman di bagian sendi. Sebagian orang tua seringkali merintih mengenai sendi yang